Pelaksanaan simulasi pertama ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Di SMA Babussalam Pekanbaru


Banner Post

Pekanbaru- Pelaksanaan Simulasi ANBK SMA Babussalam Pekanbaru  berlangsung selama dua hari mulai TANGGAL 1 Agustus - 2 Agustus 2023. Seperti pada tahun sebelumnya simulasi ini diikuti sebanyak 50 santri  terpilih dan di laksanakan dengan di bagi 3 sesi.

Terpantau sejak pagi hari  pertama hingga hari kedua seluruh Santri terlihat bersemangat mulai dari awal datang  ke sekolah hingga selesai  dan terlebih dahulu membaca do,a sebelum mulai simulasi.

Tujuan dari simulasi ANBK ini ialah untuk memeriksa kesiapan sistem dan perangkat sekolah dalam melaksanakan kegiatan ANBK. Sementara 50 peserta didik yang terpilih setelah kegiatan Simulasi ANBK ini akan mendapatkan pendalaman materi untuk meningkatkan hasil ANBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 - 31 Agustus 2023. Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2023  merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah. Sedangkan Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid,

2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid,

3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.


Untuk itu Ustadz Drs, H. Ali Munar selaku kepala SMA Babussalam Menghimbau kepada seluruh santri terpilih mengikuti ANBK agar selalu bersungguh dan tingkatkan belajar..